Home Tips dan Trik 5 Hal yang Bisa Merusak Baterai Hp Secara Cepat

5 Hal yang Bisa Merusak Baterai Hp Secara Cepat

by Ana Austin
5 Hal yang Bisa Merusak Baterai Hp Secara Cepat

Baterai hp merupakan bagian utama yang begitu penting dalam menyokong daya hidup sebuah smartphone, tanpa adanya bagian yang satu ini maka ponsel tak akan bisa menyala atau digunakan. Itulah mengapa jika terjadi kerusakan maka harus segera dilakukan pergantian yang baru, kerusakan sebuah baterai ini sendiri sebenarnya juga sudah sangat umum, ketika pemakaiannya sudah terlalu lama, misalnya dalam jangka waktu lebih dari 2 tahun penggunaan secara otomatis baterai ponsel Anda juga akan turun kualitasnya dari sebelumnya.

5 Hal yang Bisa Merusak Baterai Hp Secara Cepat 

Namun bisa juga penyebab terjadinya kerusakan ini berasal dari kesalahan pengguna sendiri, bagaimanapun baterai termasuk bagian yang paling sensitif, ketika salah dalam perawatannya bisa menyebabkannya mudah bocor atau rusak. Berikut ini diantara daftar hal yang menyebabkan kerusakan baterai hp yang pastinya harus Anda hindari, yaitu:

  1. Terlalu sering membiarkan baterai dalam kondisi kosong, hingga menyentuh angka 3%, sebenarnya waktu terbaik melakukan charging adalah saat posisi baterai sudah menginjak angka 40% atau 30%, jangan sering-sering membiarkannya habis, karena hal ini bisa membuat dayanya sulit untuk diisi kembali, akibatnya baterai mudah bocor, segera charger jika seandainya baterai ponsel sudah menunjukkan angka 30%.
  2. Mencharger terlalu lama hingga semalaman penuh, hal lainnya yang sering kali dilakukan namun tidak Anda sadari bisa menjadi penyebab kerusakan baterai adalah mencharger terlalu lama, biasanya di malam hari kemudian melupakannya karena sudah tertidur, meskipun baterai sudah penuh, namun daya akan terus mengalir ke baterai, sehingga dapat memicu terjadinya kerusakan.
  3. Tak pernah mematikan ponsel, karena sudah ketergantungan akan sebuah perangkat teknologi tersebut, maka pemakaian bisa sampai 24 jam nonstop, yang airnya tidak pernah membiarkannya dalam kondisi mati sama sekali. Patut untuk diketahui bahwa ponsel juga butuh istirahat, apalagi bagian baterainya yang terbilang sangat sensitif. Dengan jarang mematikannya bisa membuat baterai yang mudah rusak dibandingkan dengan komponen yang lainnya.
  4. Menggunakannya saat sedang charger, ini paling sering dilakukan oleh masyarakat, ketika tengah mencharger tetap setia memakai ponsel tersebut untuk chattingan atau bahkan kegiatan berat yang lainnya semacam gaming, meskipun sepele namun aliran daya akan keluar masuk tidak teratur sehingga menyebabkan baterai mudah rusak.
  5. Menggunakan charger yang abal-abal atau bukan charger aslinya, ada kalanya charger asli ponsel tersebut memang rusak, khususnya adalah bagian seperti USB, jika ingin membeli usahakan beli yang bagus atau spesifikasi sesuai dengan ponsel yang dimiliki, jangan asal gunakan sembarangan, karena akan mempengaruhi kondisi baterai pada saat dipakai.

5 kesalahan tersebut wajib dihindari ketika Anda ingin baterai hp awet atau berusia panjang. Jangan sepelekan hal ini karena baterai harganya juga mahal, jika yang asli rusak, terkadang sulit mendapatkan yang kualitasnya sama.

 

Baca Juga:   Cara Tepat dalam Memilih Smartphone Selfie Terbaik

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More