Home Aksesoris HP Kenali Model dan Spesifikasi Charger HP Sebelum membeli

Kenali Model dan Spesifikasi Charger HP Sebelum membeli

by Ana Austin
model charger hp

model charger hp

Sebagai pemakai HP, sering kali kita tidak memperhatikan cara pengisian daya pada alat komunikasi kita. Memang sepele, namun menggunakan charger dengan baik sangat penting karena bisa membuat awet charger maupun HP Anda. Namun hal ini sering kali dianggap remeh saat mencharger ponsel Anda. Beberapa Untuk mengetahui spesifikasi charger hp, lihat bagian belakang. Biasanya akan tertulis informasi mengenai tipe charger, notifikasi sertifikasi, asal produksi, serta besaran input dan output charger. Untuk input, data yang diberikan adalah jenis arus, besar arus, tegangan dan frekuensi. Sedangkan untuk output, data yang diberikan adalah jenis arus, serta besar arus dan tegangan.

Kenalilah model charger sebelum Anda membeli, berikut adalah macam-macam jenis charger:

  1. Charger gepeng. Arti gepeng yang saya maksud pada charger jenis ini adalah datar, dengan ketebalan yang tipis.
  2. Charger bulat. Alat untuk mengisi daya ini berbentuk bulat. Ada dua jenis yaitu bulat yang besar dan bulat yang lebih kecil. Biasanya HP dengan merek Nokia lawas yang menggunakan charger ini.
  3. Charger USB besar. Jenis ini sudah jarang digunakan oleh HP jenis smartphone keluaran baru, lebih sering digunakan pada kamera poket atau DSLR.
  4. Charger universal. Merupakan charger yang bisa digunakan untuk segala bentuk baterai. Saat Anda menggunakan charger ini harus dalam posisi mati karena hp harus dilepas dari bodynya. Biasanya alat pengisi daya ini disebut desktop.

Selain Anda harus mengenali bentuk dan jenis charger hp Anda, akan sangat penting apabila Anda mengetahui cara perawatan yang tepat bagi alat ini. Berikut adalah tips untuk merawat charger:

  1. Matikan HP pada saat pengisian daya.
  2. Jangan bergonta-ganti charger dengan milik teman atau milik saudara.
  3. Charger pada colokan yang tidak kendur.
  4. Cabut charger apabila sudah penuh.
  5. Lepaskan dari stop kontak apabila sudah tidak digunakan untuk mengisi daya.
Baca Juga:   Keunggulan dan Kekurangan Jenis Softcase HP

Selain itu, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah dengan menggulung kabel charger dengan posisi melingkar dan jangan dililitkan pada body charger. Akan lebih baik apabila Anda menggantungnya dan membiarkan kabel charger terurai. Hal ini dilakukan agar kabel bagian dalam charger tidak putus, karena komponen yang ada di dalamnya terdapat kabel kecil yang sangat mudah rapuh. Namun jangan menggantungnya dengan posisi tinggi, karena apabila terjatuh akan membuatnya rusak.

Charger Hp mungkin bukan hal utama yang Anda perhatikan, namun ternyata dengan memperhatikan hal sepele seperti merawat charger akan membuatnya lebih awet. Selain itu apabila charger Anda awet, maka Hp Anda juga akan lebih awet. Sebagian dari kita tahu bagaimana cara merawat dan menggunakan alat pengisi daya ini dengan benar, namun kita sering mengabaikannya dan menganggap remeh.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More