Home Gadget 8 Panduan Membeli HP Android Murah Agar Tidak Menyesal Kemudian

8 Panduan Membeli HP Android Murah Agar Tidak Menyesal Kemudian

by Erin Nuzulia
hp android murah

Rentang harga HP android dewasa ini bisa dikatakan sangat lebar. Bukan lelucon, bahkan Anda bisa mendapatkan HP Android murah di kisaran harga 200 ribuan saja. Dan untuk seri-seri terbaik alias flagship tentu saja Anda harus merogoh kocek yang sangat dalam, karena jenis HP tersebut bisa dibanderol dengan nominal 8 digit (belasan hingga puluhan juta).

hp android murah

Jika Anda kini berencana untuk memiliki sebuah HP Android dengan banderol yang tidak terlalu tinggi, Anda boleh melihat-lihat rekomendasinya di https://review.bukalapak.com/gadget/hp-android-murah-100981.

Dan di sini kita akan membahas panduan membeli HP android murah tapi dengan kualitas yang baik. Murah boleh, tapi jangan asal murah!

8 Panduan Membeli HP Android Murah Agar Tidak Menyesal Kemudian

Cek CPU alias prosesor

Kecepatan sebuah prosesor sudah pasti memengaruhi kecepatan HP dalam memproses data dan kinerja. Jika spesifikasi prosesor yang Anda gunakan terbilang rendah, jangan merasa aneh jika HP Anda sering nge-lag dan lemot. Padahal HP masih baru dan tidak memasang banyak aplikasi

Kini HP murah pun banyak yang ditenagai dengan prosesor dengan merk kredibel seperti Qualcomm Snapdragon, Nvidia, Exynos Tegra, dan Mediatek (MTK) atau Intel kok. Cari prosesor dengan inti core minimal 2 (dualcore). Dan pilih chipset dengan clockspeed minimal 1 GHz.

Jangan lewatkan GPU (General Processing Unit)

GPU merupakan perangkat keras yang memiliki peran penting jika anda ingin memainkan game dengan kebutuhan grafis yang cukup tinggi.

Jelasnya, fungsi GPU adalah untuk memproses sumber daya grafis. Dengan GPU yang mumpuni, maka performa grafis di perangkat Anda akan lebih lancar. Misal, ketika menonton video beresolusi tinggi, atau bermain game dengan grafis tinggi, Anda tidak akan merasakan adanya lag yang tentunya sangat mengganggu kenyamanan. Selain menjanjikan kelancaran, GPU yang ciamik juga siap memanjakan Anda dengan tampilan grafis yang jernih.

Baca Juga:   Realme C1: Ponsel Jagoan Realme di 2019

Pilihlah GPU dengan clockspeed tinggi minimal 500 MHz.

Lihat Layar

Komponen penting selanjutnya untuk dipertimbangkan adalah layar. Karena komponen inilah yang akan menampilkan informasi yang sebelumnya sudah melewati rangkaian proses oleh ketiga komponen sebelumnya (CPU, RAM, dan GPU).

Untuk kenyamanan, pertimbangkanlah untuk memilih HP android dengan resolusi minimum 480 x 320 pixel yang juga tersemat teknologi layar IPS (in-Plane Switches), sehingga kualitas gambar akan tetap baik dilihat dari sisi mana pun. Dan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah pilihlah perangkat dengan layar yang sudah dilengkapi pelindung seperti Gorilla Glass dan sejenisnya, agar Anda tidak khawatir adanya goresan yang akan melukai layar HP Anda

Pilih OS

Salah satu faktor yang kadang luput dari perhatian adalah pemilihan OS (Operating System). Seperti kita tahu, android memiliki banyak versi. Nah, biarpun Anda berencana untuk membeli HP Android yg murah, tapi jangan sampai mendapatkan perangkat dengan OS yang jadul. Karena semakin jadul OS, semakin minim dukungan aplikasi dan pembaruannya.

pilihlah android dengan OS minimal 2 versi di bawah versi yang paling update.

Perhatikan RAM (Random Access Memory)

Meskipun anda memilih untuk membeli HP android murah, tapi jangan kesampingkan performa RAM, ya.  RAM ini merupakan perangkat keras yang bertanggungjawab dalam mengatur seimbangannya kinerja perangkat saat mengoperasikan beberapa tugas sekaligus (multitasking).

Logikanya, semakin banyak aplikasi yang anda jalankan secara bersamaan, maka semakin besar pula memori yang diperlukan. Dengan RAM yang besar, kita dapat berpindah-pindah antar aplikasi dengan lancar. Untuk HP android kelas entry level rasanya menjatuhkan pilihan pada RAM dengan kapasitas minimal 1 GB sudah cukup bijak.

Jangan lupa memori internal

Memori internal ini berfungsi sebagai sarana penyimpanan berbagai file seperti Foto, Video, Lagu, dan sebagainya. Memori internal ini juga merupakan komponen yang bertanggungjawab untuk menyimpan file-file instalasi aplikasi yang Anda butuhkan.

Baca Juga:   Infinix Hot 8: Baterai Raksasa, Triple Camera, Layar 6,6 inci dengan Harga 1 Jutaan!

Untuk HP-HP zaman now, memori internal 16 GB sepertinya menjadi angka minimun yang patut dipertimbangkan. Jangan khawatir, sudah banyak kok HP-HP android murah yang sudah berbaik hati menyediakan memori internal 16 GB.

Perhatikan kamera

Hal ini tentunya akan tergantung pada kebutuhan kita dalam memanfaatkan kamera yang ada di ponsel yang akan kita beli. Apakah kita akan menggunakan kamera HP untuk melakukan phone photography? atau hanya untuk keperluan dokumentasi media sosial saja? Atau bahkan kita hanya membutuhkan kamera HP yang bisa memanjakan hobi berswafoto kita?

hp android murah

Apa pun kebutuhannya, usahakan memilih ponsel dengan resolusi kamera belakang minimal 8 MP yang sudah dilengkapi flash dan autofokus. Sedangkan untuk kamera depan pilihlah kamera dengan ukuran minimal 2 MP.

Pertimbangkan Baterai

Buat Anda yang hobi bermain game, tentunya Baterai HP dengan kapasitas besar harus menjadi salah satu pertimbangan utama. Supaya tidak “sedikit-sedikit ngecas”. Pilihlah baterai berkapasitas minimum 4000mAh.

Tapi jika Anda hanya menggunakan HP untuk tugas-tugas ringan saja, baterai berkapasitas 2500 mAh pun sudah cukup.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More