Home Tips dan Trik Registrasikan Sim Card Anda Agar Tetap Bisa untuk Digunakan

Registrasikan Sim Card Anda Agar Tetap Bisa untuk Digunakan

by Ana Austin

Belum lama ini Menkominfo melalui pesan singkat yang disebarkan kepada seluruh pengguna kartu komunikasi handphone memberikan kebijakan yang mengikat mengenai pendaftaran kartu komunikasi. Menkominfo mengatur penggunaan kartu komunikasi dengan cara meminta masyarakat untuk melakukan pendaftaran resmi kartu yang mereka gunakan. Pendaftaran sim card ini diberikan jangka waktu selama 1 bulan jika tetap ingin menggunakan sim tersebut sehingga tidak diblokir oleh kementrian komunikasi. Hal ini memunculkan pro kontra di kalangan masyarakat terutama mereka yang bersinggungan langsung dengan pengadaan sim atau memiliki keuntungan dengan banyaknya sim yang beredar.

Peraturan dari Menkominfo ini sebenarnya tidak tanpa alasan. Banyaknya sim yang tidak terdaftar atau sekedar digunakan untuk sementara waktu bisa digunakan oleh masyarakat untuk tujuan yang kurang baik. Berbagai kejahatan dan tindakan kriminal yang dilakukan melalui handphone selalu menggunakan nomor telepon yang tidak didaftarkan secara resmi sehingga menyulitkan kepolisian untuk mengungkapkannya. Belum lagi pesan singkat yang tidak jelas dengan tujuan untuk menipu atau menghasut si penerima yang juga berasal dari nomor yang tidak terdaftar.

Selain alasan-alasan keamanan di atas, masih ada juga alasan ketertiban yang mendasari Menkominfo untuk memberikan peraturan baru dalam hal pendaftaran kembali kartu sim yang digunakan. Dengan kartu sim yang seluruhnya terdaftar, maka Menkominfo akan lebih mudah untuk menata atau melakukan survey dan pendataan yang diperlukan. Nantinya juga bisa dilakukan pembatasan kartu sim yang digunakan agar penggunaannya lebih tertib dan lebih mudah untuk dilakukan pengawasan. Bagi sebagian masyarakat, mendaftarkan sim card mereka bukanlah masalah yang besar karena memang tak memiliki maksud yang buruk terhadap orang lain atau memiliki keuntungan atas banyaknya sim yang digunakan. Namun bagi golongan lain, hal tersebut bisa menjadi sebuah peraturan yang bisa menghalangi keuntungan pribadi.

Hal ini berlaku bagi mereka yang menyebarkan pesan singkat penipuan atau pesan singkat berisi hasutan. Pastinya siapa saja tidak bisa menghasut atau menipu dengan kartu sim yang sudah diregistrasikan menggunakan namanya sendiri. Orangpun akan lebih menjaga penggunaan kartu sim mereka juga telah diregistrasikan agar tidak digunakan dengan maksud yang salah. Selain itu keuntungan juga bisa berkurang bagi mereka para penjual kartu sim apabila terjadi pembatasan penggunaan kartu.

Dengan sim card yang telah diregistrasikan sebenarnya ada keuntungan yang bisa dimiliki oleh pemiliknya, yaitu jika terjadi kehilangan akan mudah untuk mengurusnya ke provider yang terkait. Selain itu, Anda akan memiliki 1 nomor permanen sehingga bisa digunakan seumur hidup dengan cara yang bertanggung jawab. Dengan memiliki satu nomor yang tetap, Anda akan lebih mudah mengingatnya begitu juga dengan keluarga atau kolega Anda. Ayo daftarkan kartu sim Anda untuk melaksanakan peraturan pemerintah demi Indonesia yang lebih tertib dan aman.

 

Baca Juga:   Spesifikasi & Harga Asus Zenfone Terkini 2017

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More