Home Tips dan Trik Tips Beli Handphone Bekas Android Dengan Aman

Tips Beli Handphone Bekas Android Dengan Aman

by Ana Austin

Ponsel android sekarang menjadi handphone yang paling banyak digemari. Baik oleh orang dewasa hingga anak-anak. Banyak keuntungan bila menggunakan ponsel smartphone, diantaranya banyak aplikasi dan fitur yang menarik yang sudah ditanamkan di dalamnya. Salah satu mendapatkan smartphone jika budget Anda terbatas adalah dengan membeli handphone bekas yang masih bagus.

Membeli handphone bekas tentu menginginkan harganya yang jauh lebih murah dengan harga barang yang masih baru. Namun sebaiknya jangan terlena dengan tawaran harga yang murah. Karena belum tentu smartphone tersebut kondisinya bagus. Salah satu hal yang penting adalah perhatikan spesifikasi dan kondisi smartphone yang akan Anda beli dan kondisi fisiknya.

Lebih jelasnya berikut ini adalah tips aman membeli handpone smartphone bekas yang masih berkualitas.

Cek Kondisi Body Smartphone Android

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek bagian body smartphone dengan teliti. Apakah bodynya masih bagus atau tidak. Pastikan tidak terdapat cacat atau retak. Kemudian cek bagian layar jangan sampai ada kerusakan yang parah.

Umumnya smartphone android sudah menggunakan teknologi layar sentuh, jadi pastikan apakah sensitifitas layar masih dalam kondisi yang baik atau tidak. Caranya: nyalakan ponsel lalu coba beraktivitas dengan menyentuh layar.

Cek Bagian Segel Smartphone Android

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek segel yang terdapat pada smartphone. Lihat segelnya apakah masih terpasang dengan baik atau tidak. Jika sudah terbuka, artinya smartphone tersebut pernah mengalami kerusakan dan sudah di service.

Cara memastikannya adalah dengan membuka casing penutup smartphone di bagian belakang, lalu buka semua komponen seperti baterai. Cek apakah ada baut atau komponen lainnya yang hilang atau tidak.

Cek Semua Kelengkapan Smartphone

Langkah selanjutnya adalah mengecek semua kelengkapan seperti: dusbook, kabel data, charger, baterai dan lain sebagainya. Perlengkapan tersebut memiliki nilai lebih nantinya. Namun jika smartphone yang Anda beli tidak memiliki perlengkapan tersebut, sebaiknya tawar dengan harga yang lebih murah.

Mencari Informasi Untuk Perbandingan Harga

Baca Juga:   Perawatan HP Agar Internal Smartphone dalam Kondisi yang Bagus

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mencari informasi seputar spesifikasi smartphone. Hal tersebut membantu memudahkan Anda menentukan merk dan tipe smartphone yang akan Anda pilih.

Selain itu, informasi harga juga penting. Bandingkan harga merk smartphone yang satu dengan yang lainnya. Juga bandingkan smartphone yang kondisinya bekas ataupun yang masih baru. Biasanya harga yang bekas perbedaannya 15 – 45% dari harga normal dan tergantung kondisi smartphone tersebut.

Cek Kondisi Baterai dan Pastikan Semua Fitur Berfungsi Dengan Baik

Ada dua jenis baterai smartphone android yaitu yang bisa dilepas dan yang tidak bisa dilepas. Pastikan baterai masih baik, tidak menggelembung atau membesar. Selain itu cek semua fitur yang ada handphone bekas masih bisa berfungsi dengan baik. Caranya nyalakan smartphone dan cobalah jalankan semua fitur

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More