Home Tips dan Trik 5 Ciri Aplikasi Hp Berbahaya, Jangan Diinstall

5 Ciri Aplikasi Hp Berbahaya, Jangan Diinstall

by Ana Austin
5 Ciri Aplikasi Hp Berbahaya, Jangan Diinstall

Salah satu hal yang membuat ponsel generasi baru atau yang lebih dikenal sebagai smartphone lebih diminati oleh masyarakat saat ini tak lain karena produknya bisa menunjang setiap kebutuhan komunikasi dan hiburan secara lebih dibandingkan dengan generasi terdahulu. Hal ini tak lain memang disebabkan oleh sistemnya. Ia sudah dibesut dengan beragam fiture unggulan yang memungkinkan setiap aplikasi hp bisa dengan mudah diinstall ke dalamnya, tak kalah dibandingkan dengan sebuah komputer. Karena otak yang dipakai pada sebuah smartphone sama dengan komputer.

5 Ciri Aplikasi Hp Berbahaya, Jangan Diinstall 

Sejalan dengan hal tersebut juga kian banyak perusahaan software atau para developer yang kian gencar-gencarnya di dalam mengeluarkan aplikasi terbaru yang nantinya dapat membantu dalam mempermudah pekerjaan Anda. Mulai dari aplikasi gaming, editing gambar, video, aplikasi keuangan dan masih banyak diantaranya. Hanya saja juga patut untuk diketahui bahwa pada kenyataannya tak semua aplikasi hp yang ada memiliki jaminan keamanan. Faktanya banyak juga diantaranya yang justru berbalik menyerang ponsel karena di sisipi dengan sebuah virus semacam malware, spyware atau sejenisnya, dan berpotensi untuk merusak smartphone Anda.

Untuk itulah maka berikut ini ada beberapa ciri dari aplikasi berbahaya yang harus Anda hindari, diantaranya adalah:

  1. Aplikasi yang tidak tersedia di playstore, ini khusus untuk pengguna android, sedangkan khusus untuk pengguna Apple maka aplikasi tersebut tidak ada pada Apple store resmi mereka, biasanya aplikasi semacam ini banyak yang di sisipi sebuah virus berbahaya, jadi jangan asal install.
  2. Aplikasi dengan fungsi yang tidak jelas, contohnya sendiri adalah sebuah aplikasi yang dipakai untuk mendeteksi suhu tubuh, kemudian juga kolesterol dan sejenisnya hanya dengan menyentuh tombol tertentu saja, padahal hal-hal semacam ini harus melalui pemeriksaan medis untuk mengetahuinya. Tidak biasa asal tebak, umumnya aplikasi semacam ini sering kali membuat ponsel menjadi hang atau error setelah diinstall.
  3. Izin untuk menginstallnya ribet atau sulit, karena pada dasarnya setiap smartphone sudah dibekali dengan sistem perlindungan yang tinggi, maka jika seandainya ada aplikasi berbahaya atau memiliki potensi menyerang ponsel, sulit untuk diinstall karena nantinya terlalu banyak pengaturan yang harus diubah.
  4. Pada saat proses instalasi terdeteksi antivirus Anda, secara otomatis jika ada ancaman dari virus yang masuk kedalam ponsel maka antivirus akan bekerja, saat Anda melakukan pemasangan dan antivirus mendeteksi ada yang tidak beres maka jangan dilanjutkan karena akan sangat mempengaruhi keamanan ponsel nantinya.
  5. Dibuat oleh developer yang tidak jelas, ada banyak sekali developer atau perusahaan-perusahaan yang membuat software atau aplikasi semacam ini, tak jarang juga diantaranya yang sudah besar dan terpercaya, ketika yang menerbitkannya tidak jelas, maka jangan langsung install.

Sangat penting mengenal ciri-ciri aplikasi hp berbahaya tersebut agar tidak merusak ponsel Anda.

Baca Juga:   4 Keuntungan Memilih Service Hp Langsung ke Service Center

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More