7 Pengaruh Buruk Handphone untuk Kesehatan

pengaruh handphone

Menggunakan ponsel memang kebiasaan Kita setiap harinya. Dengan menggunakan ponsel akan memudahkan setiap aktifitas yang dijalani. Namun tahukah Anda bahwa ponsel juga memiliki efek samping apabila Anda terlalu sering menggunakannya. Perlu Anda ketahui untuk mematikan ponsel dan menjauhkannya saat tidur. Selain itu mulailah dengan menggunakan ponsel seperlunya saja. Dengan demikian Anda akan mendapatkan kenyamanan dan juga manfaat yang besar saat menggunakannya. Selain itu dampak negatif akan dapat ditimbulkan dari ponsel akan dengan mudah dihindari. Berikut ini beberapa pengaruh buruk handphone untuk kesehatan yang harus diketahui:

  • Terjadinya kanker otak

Dalam sebuah penelitian dapat diketahui bahwa kanker otak pada anak meningkat hingga empat ratus persen. Dengan demikian anak-anak usahakan untuk tidak diberikan ponsel dan berikan pengertian untuk tidak menggunakan saat usia masih sangat dini. Perlu Anda ketahui bahwa anak yang diberikan ponsel sedini mungkin akan meningkatkan resiko ponsel dalam waktu yang dini.

  • Perubahan DNA

Ada baiknya apabila Anda menghindari penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama. Terlebih apabila Anda tidur usahakan jangan di dekatkan tempatnya dengan tubuh Anda. Hal ini karena apabila hal ini dilakukan akan memicu terjadinya perubahan pada DNA, Apabila Anda memicu terjadinya perubahan DNA tentu saja akan menyebabkan terjadinya serangan kanker. Selain itu akan terjadi adalah adanya penurunan jumlah sperma pada pria.

  • Meningkatnya hormon kortisol

Apabila Anda tidur dekat dengan ponsel yang akan menyebabkan timbulnya hormon kortisol didalam tubuh. Jenis hormon ini menyebabkan terjadinya stres pada tubuh seseorang. Perlu Anda ketahui stress ini sebagai bentuk akibat dari adanya respon didalam tubuh. Sehingga apabila Anda ingin menghindari stress mulailah untuk menggunakan ponsel secukupnya. Dengan demikian tidak akan mudah terkena pengaruh buruk handphone yang dialami.

  • Hilangnya pendengaran

Saat menggunakan ponsel tanpa batas dan menggunakannya setiap hari. Tentu saja dampak yang akan dirasakan adalah hilangnya pendengaran yang dimiliki atau tuli. Hal ini dapat diperparah dengan adanya berbagai dampak lainnya. Beberapa dampak lainnya adalah respon yang lambat saat ponsel berdering dan juga kerusakan pada rambut Anda. Untuk itu gunakan semua hal termasuk pada ponsel sesuai dengan kebutuhan saja.

  • Tidak bisa tidur dengan nyenyak

Ponsel juga dapat menyebabkan kualitas tidur menjadi terganggu. Sehingga tidur saat malam hari menjadi tidak bisa tenang. Bayangkan saja Anda akan selalu merasa was-was saat tidur karena adanya kekhawatiran ponsel akan berdering saat malam hari. Untuk itu ada baiknya apabila Anda mematikan ponsel pada saat malam hari. Dengan demikian Anda bisa tidur dengan lebih maksimal.

  • Serangan jantung

Pada waktu tidur di malam hari dan pemilik ponsel memiliki penyakit jantung. Usahakan untuk mematikan ponsel tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa ponsel yang dimiliki akan mudah memicu terjadinya serangan jantung. Hal ini dapat dirasakan karena pada saat malam hari pemilik ponsel tidur sedangkan ponsel berdering dengan kencang. Tentu saja akan memicu terjadinya pengaruh buruk berupa terjadinya serangan jantung.

  • Memperparah serangan Alzheimer

Baca Juga : Aplikasi android terbaik untuk mengedit video

Biasanya penyakit Alzheimer ini dapat terjadi karena sudah berusia lanjut. Namun saat ini ada banyak anak muda yang mengalami serangan penyakit ini. Penyakit Alzheimer ini disebut juga dengan penyakit lupa. Untuk itu ada baiknya apabila Anda menghindari di dekat ponsel. Hal ini karena pengaruh buruk handphone dapat dirasakan bahkan saat Anda masih muda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Navigation