Agar AC Anda Menjadi Perangkat Elektronik Murah Tagihan Listrik, Simak Beberapa Hal Berikut

Tak tahan dengan suasana yang sangat panas, tapi takut biaya listrik membengkak karena pasang AC? Jangan khawatir. Memasang AC tak selalu berujung ke tagihan listrik yang bikin mata melotot kok. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar pendingin udara yang Anda beli ramah tagihan. Salah satunya adalah memilih AC dengan PK yang sesuai seperti Panasonic 1 PK, di mana AC dapat mendinginkan secara maksimal dengan daya minimal, yaitu di bawah 750 watt. Wah, pasti Anda jadi ingin segera mengetahui berapa harga AC Panasonic 1 PK, ya?

Eits, tunggu dulu. Selain memilih pendingin udara dengan PK yang tepat, masih ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar pendingin udara Anda menjadi elektronik murah tagihan. Tunggu apalagi? Segera simak ulasan di bawah ini, yuk!

Ketahui Luas Ruangan Di Mana AC Ditempatkan

Elektronik Murah - Luas Ruangan

Sebelum membeli pendingin udara, alangkah baiknya ada mengetahui terlebih dahulu luas ruangan di mana AC tersebut akan ditempatkan. Dari situ, akan bisa dihitung kira-kira berapa AC dengan PK berapa yang harus Anda beli. Jika PK terlalu kecil, maka ruangan akan lambat dingin. Jika terlalu besar, maka Anda akan membayar daya yang lebih besar dari seharusnya di tagihan Anda. Sebentar, sebenarnya PK itu apa sih?

PK adalah kepanjangan dari Paard Kracht atau tenaga kuda. 1 PK sekitar 750 watt. Lalu bagaimana caranya mengukur ruangan untuk mendapatkan AC dengan PK yang tepat? Pertama, Anda harus mengonversikannya ke satuan BTU terlebih dahulu. Agar lebih mudah, simak rincian berikut ini:

  • ½ PK: 5000 BTU
  • ¾ PK: 7000BTU
  • 1 PK: 9000 btu
  • 1 ½ PK: 12000BTU
  • 2 PK:18000BTU

Rumus penghitungannya adalah: p.ruangan X l. ruangan X 500BTU. Semisal panjang ruangan Anda 6 meter dengan lebar 3 meter, maka yang dibutuhkan adalah 9000 BTU sehingga Anda bisa memilih AC 1 PK. Dengan memilih PK yang sesuai, tak hanya ruangan bisa cepat dingin, AC Anda pun jadi elektronik murah tagihan.

Kenali Tipe AC yang Sesuai

Ada banyak sekali tipe AC yang beredar di pasangan. Untuk ruangan, tipe yang paling yang sering dicari biasanya window, split, dan inverter. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Jika ingin suasana tenang, pilihlah tipe split, tapi kalau mau jenis pendingin udara elektronik murah dan mudah diinstal, pilihlah window AC. Hanya saja tipe ini sudah mulai ditinggalkan.

Jika tak ingin melihat tagihan listrik Anda membengkak, tipe inventer perlu Anda pertimbangkan. Karena tipe ini memiliki fitur yang dapat mengenali suhu ruangan dengan sendirinya. Secara otomotis, ia akan menaikturunkan kapasitas pendinginnya jika ruangan dirasa terlalu panas atau terlalu dingin. Dengan kemampuan tersebut, mesin pendingin takkan bekerja terlalu keras sehingga tipe inverter tergolong awet. Ditambah lagi, daya yang dikeluarkan perangkat saat tak ada orang di ruangan tak terlalu besar.

Pilih Produk dengan Layanan After Sales Terpercaya

Elektronik Murah - Kunci Inggris

Karena kita membicarakan produk elektronik, pelayanan after sales sangatlah penting. Apalagi ini tentang AC yang memiliki perangkat rumit untuk menunjang kinerjanya. Anda akan membutuhkan pelayanan ini tak hanya untuk mengatasi kerusakan perangkat, tapi juga untuk keperluan servis berkala agar perangkat pendingin udara Anda awet.

Oleh sebab itu, pilihlah produsen elektronik yang memberikan garansi resmi yang jelas serta tempat servis yang mudah ditemui di area Anda. Jangan ragu untuk menanyakan prosedur lengkap mengklaim garansi atau mengservis perangkat agar Anda tak kelimpungan nantinya.

Itu tadi beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak mencari AC yang ramah tagihan listrik. Kalau sudah memutuskan mau membeli yang mana, sekarang saatnya Anda melihat-lihat daftar harga perangkat AC agar mendapatkan produk yang sesuai dengan budget.

Sumber:

https://review.bukalapak.com/gadget/daftar-harga-ac-1-pk-mana-pilihanmu-25699

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Navigation