Fitur tersembunyi Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1 yang release pada tahun 2017 ini berbeda dari sebelumnya karena Custom UI yang digunakan bukan lagi MIUI, tetapi Google OS atau yang sejenisnya seperti Nova, atau ROM Stock. Tentunya antara MIUI dan Stock ROM pasti berbeda dari segi tampilannya, dan masing-masing mempunyai keunggulan, Anda bisa lihat lebih jelasnya dari spesifikasi Xiaomi Mi A1.

Smartphone yang didukung oleh OS Android Nougat memberikan beberapa tampilan yang smooth ketika dipandang. Dan Android Nougat memberikan beberapa fitur baru seperti Daydream, Quicker Multi Tasking, Multi Windows (Recommended), dan yang lainnya.

Smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 3.099.000 ini cukup memuaskan dengan spesifikasi yang diberikan, salah satu andalannya yaitu ketika menangkap gambar dengan camera belakang, berbeda dengan smartphone lain, Xiaomi A1 sangat baik dalam menangkap foto-foto landscape, ataupun yang hobi dengan foto bokeh, lihat lebih lengkap di spesifikasi Mi A1.

Fitur Tersembunyi Xiaomi Mi A1

1. Facial Unlock

Tidak hanya finger print saja untuk membuka smartphone Xiaomi Mi A1, tetapi ada fitur facial unlock yang menambah nilai plus dari smartphone ini. Bagaimana cara mengaktifkannya?

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Kemudian Anda scroll ke bawah, pilih Security and Location,
  3. Selanjutnya pilih menu smart lock, di sana ada plihan menu Trusted Face, kemudian klik prepare,
  4. Kamera akan aktif untuk memindai wajah Anda, pastikan wajah Anda terjangkau oleh lingkaran bulat yang disediakan,
  5. Selesai dan Anda bias menggunakan fitur unlock apabila tidak ingin memakai finger print.

2. Gesture Notification / Xiaomi Motion

Gesture notification fungsinya untuk membuka notifikasi dalam sekejap, karena sebagian orang mendapat notifikasi dari smartphone-nya lebih dari 50 kali dalam sehari bahkan ratusan. Maka, dengan gestur notifikasi ini akan memudahkan Anda membukannya.

Cara mengaktifkannya mudah 

  1. Masuk ke pengaturan, kemudian pilih gesture notification
  2. Aktifkan tombol swipe notification
  3. Setelah aktif, Anda tinggal lakukan gesekkan pada sensor finger print Xiaomi Mi A1 dan notifikasi akan terbuka.

3. Mode Grayscale

Biasanya smartphone memberikan fitur night mode dengan menurunkan intensitas cahaya pada layar smartphone baik dari aplikasi maupun bawaan yang menjadi fitur smartphone. Namun, berbeda dengan Xiaomi Mi A1 ini, fitur yang diberikan untuk menurunkan intensitas cahayanya yaitu Grayscale, ini sangat unik dan Anda bias membuat shortcut pada layar utama agar mudah ketika mengaktifkannya.

4. Remote IR

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa Google OS yang ada pada Xiaomi Mi A1 ini tidak memberikan fitur Remote IR, karena biasanya fitur ini ada pada MIUI. Tapi nyatanya tidak, fitur remote IR tetap ada pada Xiaomi Mi A1 ini. Xiaomi Mi A1 yang dilengkapi dengan sensor inframerah dan ini berarti bisa digunakan sebagai remote universa, baik untuk TV, AC, atau Alat elektronik yang support dengan fitur ini. Fitur ini memudahkan Anda menggunakan remote ketika remote portable hilang atau lupa menyimpan.

5. Menstabilkan Video

Mungkin banyak yang mengira fitur ini tidak ada pada Xiaomi Mi A1 seperti jenis stabilisasi video pada OIS atau EIS. Ketika membuat video terkadang menggunakan smartphone selalu ada goyangan yang membuat video tidak mulus. Di Xiaomi Mi A1 Anda cukup buka aplikasi foto google dan pilih video yang Anda buat, disana akan ada icon pengaturan dan klik, Anda akan melihat pilihan stabilisasi, kemudian klik, dan tunggu sampai prosesnya selesai. Anda akan melihat hasil video yang sudah di stabilisasi dan lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Navigation