Home Aksesoris HP Merawat Charger HP Agar Awet

Merawat Charger HP Agar Awet

by Ana Austin
tips merawat charger hp

Charger HP sudah menjadi barang utama yang wajib dibawa kemanapun pengguna handphone pergi khususnya smartphone. Meskipun demikian banyak pengguna smartphone yang asal-asalan dalam menggunakan charger. Tanpa memikirkan mempedulikan bagaimana cara merawat charger hp dengan tepat. Mungkin sebagian besar dari mereka berpikir bahwa harga charger murah, namun tidak berpikir akan lebih baik apabila merawat charger asli tanpa membeli lagi. Alangkah lebih baik apabila charger juga dirawat dengan baik seperti smartphone yang dimiliki.

Mungkin anda sebagian kecil dari pengguna smartphone yang tidak peduli untuk merawat charger. Mulai dari sekarang biasakan untuk merawat charger anda. Ada beberapa cara perawatan charger agar awet dan tahan lama:

  1. Pada saat men-charge usahakan HP pada posisi off.
  2. Gunakan charger bawaan HP. Selain akan merusak HP, Menggunakan charger lain yang bukan asli milik HP anda, juga akan merusak charger.
  3. Pastikan stop kontak/colokan yang digunakan pas, tidak kendo.
  4. Cabut charger apabila sudah penuh.
  5. Lepaskan charger dari stop kontak apabila sudah tidak digunakan untuk mengisi daya.
  6. Jangan melilitkan charger pada HP, gulung kabel berbentuk bulat lalu ikat dengan tali agar terlihat rapi.
  7. Jangan meletakkan charger di tempat tinggi, karena apabila jatuh akan menimbulkan kerusakan fatal.

Selain itu usahakan charger anda dalam kondisi yang baik yaitu tidak dalam kondisi retak, pecah, atau bahkan terkena air. Hal ini akan sangat berakibat fatal tidak hanya bagi charger namun juga bagi HP yang anda miliki. Apabila dalam posisi retak ataupun pecah, pengisian daya listrik yang masuk ke dalam HP tidak akan maksimal. Sedangkan apabila charger HP basah atau terkena air akan sangat berbahaya karena benda ini digunakan untuk menghantarkan daya listrik. Disamping berbahaya untuk HP juga berbahaya bagi keselamatan pengguna. Listrik yang dihantarkan dapat menimbulkan arus listrik dan mengakibatkan strum.

Baca Juga:   Kenali Model dan Spesifikasi Charger HP Sebelum membeli

Apabila charger yang digunakan adalah charger yang terpisah antara badan dan kabel, usahakan anda melepas kabel dari badannya setelah melakukan pengisian daya. Hal ini dilakukan agar antara kabel dan badannya tidak panas. Setelah itu gantung kabel dari charger tersebut dan jangan menggulungnya agar kabel bagian dalam tidak putus dan menyebabkan konslet. Akibat dari konslet tidak hanya merusak charger namun juga akan merusak HP.

Perawatan yang dilakukan terhadap charger HP akan memperpanjang umur alat pengisi daya ini. Apabila selama ini charger bukan sebagai prioritas untuk dirawat, akan lebih baik mulai melakukan perawatan mulai dari sekarang, karena penggunaan charger yang asal akan membuatnya tidak tahan lama. Sebenarnya sebagian besar pengguna HP mengetahui bagaimana cara merawat charger yang benar, akan tetapi malas menjadi alasan utama untuk melakukannya.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More