Nokia 3, Varian Termurah HP Nokia 2018

Nokia 3 merupakan kasta terendah yang diterbitkan oleh jajaran terbaru Nokia smartphone yang berbasis android. Walaupun ditujukan untuk pasar kelas menengah ke bawah, nyatanya HP Nokia 2018 ini sendiri ga bisa dibilang murah. Karena harga Nokia 3 ini lumayan harus merogoh kocek yang cukup dalam, yaitu hampir 2 juta rupiah untuk bisa membawa pulang HP ini. Lantas dengan harga segitu apa saja yang akan didapatkan dari Nokia 3 ini? Mari kita simak pembahasannya berikut ini dengan saksama.

 

Pertama yang ingin kita bahas adalah desain. Desain dari Nokia 3 saat pertama kali digenggam langsung mengingatkan kita pada HP Lumia, karena sejujurnya HP ini masih menggunakan desain yang sama, masalahnya adalah HP ini terasa solid banget, serius! Walau bodinya terbuat dari plastik, tapi frame di HP ini terbuat dari metal. Waktu digenggam, dimensinya yang ga terlalu besar juga ternyata pas di tangan dan enak dipegang. Nokia itu kayak ngasih tau ke brand lain, begini lho cara membuat HP. Tombol navigasi di HP ini berjenis capacitive yang hadir tanpa LED backlight, jadi tanda navigasinya sulit diliat. Kadang suka lupa kalau tombol back itu ada di sebelah kiri dan tombol recent apps ada di sebelah kanan. Tapi, ini bukan masalah besar sih, karena ini cuma masalah kebiasaan aja. Layar ini juga hadir berukuran 5 inci, beresolusi HD, dan berlapis kaca Corning Gorilla Glass serta udah pake teknologi 2,5D Curve Glass. Dan bisa disimpulkan bahwa ini HP kelas bawah yang mempunyai kualitas layar yang paling baik. Memang ketika pertama kali disentuh aja sudah kerasa “ini ada di kelas yang berbeda!”. Layarnya premium banget. Sayangnya, kontras di HP ini agak mengecewakan, karena susah banget ngeliat layarnya saat ada di bawah sinar matahari.

 

Kedua ada di bagian performa, ga ada yang spesial pada jeroan HP ini. Mediatek MT 6737, RAM 2 GB dan 16 GB Internal storage, bisa dibilang spesifikasinya minim bangetlah. Malah di brand yang lain dengan harga segitu bisa memberi spesifikasi yang jauh lebih tinggi. Performanya sendiri biasa saja, untuk casual user yang cuma untuk medsos mah sudah cukup banget. Multitasking-nya juga lumayan oke walau ga terlalu smooth. Buat mainin game-game ringan juga masih asiklah. Asal jangan disuruh main game berat aja, ngebul nanti dia. Tapi bagi kamu yang biasa pakai HP dengan spesifikasi tinggi, pakai HP ini cukup buat kamu frustasi. Karena kita dipaksa untuk belajar sabar. Sabar nunggu aplikasi kebuka, sabar nunggu loading game, sampai sabar kalau diledek oleh pengguna Xiaomi, HAHA. Keluhan yang paling terasa dari HP ini adalah internal storage-nya yang kecil banget. Storage 16 GB di tahun 2018 itu rasanya gimana yaa. Apalagi dari 16 GB itu yang bisa dipakai hanya 10 GB aja. Berasa HP 5 tahun lalu. Untungnya kita bisa set micro SD kita sebagai internal storage, jadi masalah ini sedikit teratasi.

 

Selain itu, ada hal menarik dari HP ini, walau berstatus HP murah ternyata beberapa fitur langganan HP mahal juga nongol di sini. Seperti dukungan USB OTG hingga sensor-persensoran yang ternyata lengkap. Termasuk sensor Gyroscope untuk main VR lho. Kita ga akan nemu sensor geometric di HP ini, karena Nokia 3 memang ga punya semua, boro-boro Face Unlock, fingerprint pun ga ada. Jadi HP in benar-benar basic ya Guys.

 

Sumber gambar: duckduckgo.com

Sumber: https://review.bukalapak.com/gadget/adu-harga-nokia-3-vs-nokia-5-vs-nokia-6-mana-paling-murah-6090

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Navigation