Home Tips dan Trik Perawatan HP Agar Internal Smartphone dalam Kondisi yang Bagus

Perawatan HP Agar Internal Smartphone dalam Kondisi yang Bagus

by Ana Austin
Perawatan HP Agar Internal Smartphone dalam Kondisi yang Bagus

Smartphone kini menjadi salah satu alat elektronik yang memiliki peranan yang penting karena selain digunakan untuk berkomunikasi bisa juga digunakan untuk kepentingan yang lainnya seperti untuk mengakses pekerjaan lebih mudah. Agar smartphone tersebut tetap bisa digunakan dengan baik dan dalam waktu yang cukup lama, Anda tidak hanya harus melakukan perawatan hp untuk bagian luar seperti merawat baterai, layar ataupun body yang bisa dilindungi dengan casing, namun juga harus melakukan perawatan untuk bagian internal HP.

Perawatan HP Agar Internal Smartphone dalam Kondisi yang Bagus

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat internal dari smartphone Anda. Pertama adalah lakukan backup. Dengan melakukan back up data tersebut, Anda bisa tetap memiliki file penting yang mungkin saja hangus atau hilang disebabkan karena ketikdaksengajaan Anda saat menggunakan ponsel pintar Anda atau karena virus atau karena rusak sehingga mau tidak mau harus diformat ulang. Anda bisa menggunakan laptop sebagai salah satu media penyimpanan untuk melakukan back up data. Selain laptop, Anda bisa mengguankan hardisk eksternal untuk jaga-jaga jika laptop Anda rusak.

Kedua adalah dengan merawat database. Salah satu cara paling mudah adalah dengan menggunakan microSD yang terpasang sebagai memori eksternal pada smartphone. Dengan perawatan hp ini membuat agar memori internal yang ada di ponsel Anda tidak bekerja terlalu berat dan tidak terlalu penuh. Dengan cara tersebut, Anda bisa menggunakan memori internal untuk keperluan yang lainnya seperti instalasi aplikasi dan meringankan kerja dari smartphone milik Anda.

Cara lainnya untuk merawat agar database smartphone Anda terjaga dengan baik adalah:

  • Segera hapus SMS yang sudah Anda baca dan tidak terlalu penting sehingga tidak membuat database smartphone menjadi penuh dan membuat sistem bekerja dengan lebih ringan.
  • Hapus database setelah Anda mengakses email Anda.
  • Hindari untuk menginstal aplikasi yang Anda rasa kurang untuk dipergunakan sehingga memori internal juga tidak penuh dan mengurangi kerja dari sistem smartphone terutama jika Anda memiliki RAM yang terbatas.

Perawatan hp juga bisa dilakukan lewat perawatan sistem seperti berikut ini:

  • Jangan lupa untuk selalu membersihkan cache atua file sampah atau junk file. Keberadaan cache yang menumpuk pada sistem ponsel Anda membuat memori internal yang ada di ponsel Anda menjadi penuh sehingga tidak hanya membuat Anda tidak dapat menginstal aplikasi yang Anda butuhkan namun juga bisa memperberat kerja dari sistem smartphone anda yang dapat membuat smartphone menjadi lemot. Karena hal tersebut, bersihkan cache misalnya menggunakan clean master secara berkala misalnya 3 hari atau seminggu sekali.
  • Lakukan update sistem. Sistem baru pastinya sudah dilengkapi dengan beragam perubahan dan perbaikan dibandingkan sistem yang lama sehingga perlindungan bisa lebih maksimal.
Baca Juga:   Ragam Hp Xiaomi Murah

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More