Home Uncategorized Perlukah pelindung layar untuk mencegah layar HP retak?

Perlukah pelindung layar untuk mencegah layar HP retak?

by Ana Austin

Kebanyakan handphone (HP) sekarang sudah pakai gorilla glass untuk melindungi layarnya. Gorilla glass dipakai karena ia merupakan pelindung layar yang cukup kuat dan mampu bertahan dari goresan dan benturan benda keras. Pelindung layar ini memang paling populer saat ini dan banyak digunakan oleh HP dengan harga menengah ke atas karena kekuatan dan ketangguhannya sebagai pelindung layar HP. Banyak yang beranggapan bahwa gorilla glass membuat hp kita jadi lebih kuat dan tahan banting, sehingga merasa tidak perlu repot-repot menambahkan pelindung layar tambahan.

 

Melihat kekuatan dari gorilla glass yang sudah dipakai oleh hp kebanyakan, masih perlukah kita memakai pelindung layar tambahan untuk mencegah layar hp retak dan rusak?

 

Walaupun gorilla glass memang terbukti lebih kuat dan tahan banting, tidak berarti ia 100% akan baik-baik saja apabaila terkena benturan atau goresan. lapisan ini tetap bisa pecah dan tergores dalam keadaan tertentu. Bahkan HP jenis iphone yang terbaru pun bisa saja mengalami kerusakan layar hp akibat benturan. Sayangnya, kita tidak bisa menjaga 100% HP kita untuk tidak jatuh. Apabila HP kita terjatuh dan akhirnya mengalami kerusakan layar, maka kita perlu membawanya ke service HP dan perlu penanganan khusus untuk memperbaiki layar yang rusak. Akibatnya,biaya yang perlu kita keluarkan untuk perbaikan bisa jadi cukup mahal, bahkan bisa sampai setengah harga hp kita.

 

Nah oleh karena itu, untuk mencegah layar hp retak dan pecah, maka disarankan untuk tetap memasang pelindung layarnya. apabila hp kamu jatuh, maka yang rusak hanyalah pelindung tambahannya saja dan kemungkinan layar rusak akan semakin kecil. Kamu mungkin hanya perlu mengganti pelindung layarnya tanpa harus mengeluarkan biaya perbaikan layar smartphones.

Baca Juga:   Head to Head Oppo Realme 2 vs Oppo A35

 

Ada dua jenis pelindung layar secara umum. Yang pertama terbuat dari plastik, yang satunya terbuat dari kaca atau yang biasa disebut temepred glass. Beberapa perbedaan dari kedua jenis ini bisa dilihat dari beberapa aspek:

 

  1. Harga

pelindung layar dari plastik mempunyai harga yang jauh di bawah tempered glass. Harga pelindung layar plastik berkisar mulai dari Rp 7.500 hingga Rp 20.000. Sedangkan, harga tempered glass mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000. Perbedaan harga yang signifikan diakibatkan oleh perbedaan telnologi yang dibuat serta kualitas dari pelindung layarnya.

 

  1. Kekuatan

Sudah bisa ketahuan dari harganya, bahwa tempered glass mempunyai kekuatan yang jauh lebih tinggi dari pada jenis plastik. Pelindung layar dari plastik biasanya lebih mudah terkena goresan karena ketebalannya hanya sekitar 0.1 mm, sedangkan ketebalan tempered glass sekitar 0.3-0.5 mm.

sumber: Quora

  1. Look dan feel

Kebanyakan hp saat ini sudah menggunakan gorilla glass untuk melindungi layar hp. Apabila kamu menambahkan pelindung layar dari plastik, kamu akan bisa merasakan perbedaan ketika menggunakan hp kamu, terutama dari kelihaian ketika scrolling layar hp. Di sisi lain, tempered glass tidak terlalu mengurangi kemulusan scrolling layar dan lebih terasa seperti layar aslinya.

Namun dari segi estetika, tempered glass membuat hp kita terlihat lebih tebal karena tempered glass mempunyai ketebalan yang lebih besar dari yang jenis plastik.

Nah, begitulah sekilas tentang pelindung layar handphone. Semuanya kembali lagi ke pilihan masing-masing, apakah kamu mau menambah pelindung layar tambahan untuk handphone terutama yang sudah menggunakan gorilla glass. Apabila kamu mau menambah pelindung layar, pastikan pilih yang kualitasnya bagus agar layar handphone benar-benar bisa terlindungi.

Baca Juga:   Ponsel Nokia 3 Spesifikasi dan Harga

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More