Review Redmi 6 Pro: HP Xiaomi Terbaru yang Punya Notch tapi “B Aja”

Gara-gara iPhone X bikin ponsel dengan takik (notch) tahun lalu, semua ponsel ikut tertular. Xiaomi selaku produsen ponsel yang menyandang gelar “Apple from the East” juga termasuk yang terpapar virus notch, meskipun sedikit agak terlambat. Harga Xiaomi Redmi 6 Pro adalah Rp2,2 juta (RAM 3 GB, internal 32 GB), Rp2,6 juta (RAM 4 GB, internal 32 GB), dan Rp2,8 juta (RAM 4 GB, internal 64 GB). Tetapi, apakah harga segitu pantas buat fitur yang bakal Anda dapatkan di hp Xiaomi terbaru tersebut?

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, keberadaan notch adalah hal yang pertama kali bisa Anda kenali pada Redmi 6 Pro, mungkin sekaligus bisa dianggap sebagai satu-satunya keunggulan Redmi 6 Pro. Sebab, berbagai hal lain tentang ponsel baru Xiaomi ini bisa dibilang sangat standar alias B aja. Anda bisa menjumpai fitur-fitur Redmi 6 Pro pada spesifikasi ponsel Xiaomi lainnya, seperti Redmi Note 5, Redmi Y2, bahkan Redmi Note 5 Pro.

Bahkan, ada versi Redmi 6 tanpa “Pro” yang lebih terjangkau dan diluncurkan bersamaan dengan Redmi 6 Pro. Bedanya cuma di takik. Redmi 6 Pro punya takik, Redmi 6 tidak.

 

Build Quality

Begitu memegangnya, Anda bisa langsung mengenali Redmi 6 Pro sebagai ponsel Redmi. Bukan karena logo yang tersemat, melainkan karena material bodinya yang hampir sepenuhnya logam. Hanya ujung atas dan bawahnya saja yang berbahan plastik, itu pun dengan desain logam yang disikat agar ngeblend dengan bodi utamanya.

Ini adalah kelebihan klasik keluarga Redmi yang (sejauh ini) sulit sekali ditemui pada merek lainnya di segmen ponsel Rp2 jutaan.

 

Performa

“Kalau nggak rusak, nggak usah dibetulin.” Ungkapan ini mungkin tepat disematkan pada ponsel-ponsel besutan Xiaomi. Pasalnya, otak Xiaomi Redmi 6 Pro masih diisi oleh prosesor Snapdragon 625; prosesor yang agak jadul meskipun tetap saja sangat efisien, baik dari sisi performa maupun dari segi harga (yang bisa membuat ponsel ini tetap dihargai murah). Redmi Note 5 dan Redmi Y2 juga dibekali dengan prosesor ini pada kisaran harga yang sama.

Prosesor ini sebenarnya bisa diandalkan kalau Anda termasuk orang yang hobi main game. Tapi untuk beberapa game yang sangat mengandalkan grafis, lebih baik sedikit hati-hati.

 

Baterai

Akhirnya, hal yang membahagiakan dari lini murah meriah ponsel Xiaomi. Sejauh ini, baru Redmi 4X yang punya baterai monster (4100 mAh). Sisanya, masih di kisaran 3000-an mAh.

Namun, kini Xiaomi menghadirkan ponsel berbaterai 4000 mAh pada Redmi 6 Pro. Kabar baik, tentunya.

 

Kamera

Redmi 6 Pro hadir dengan kamera belakang ganda yang sepertinya sama dengan yang mereka sematkan di dalam Redmi Y2. Artinya, Redmi 6 Pro juga memiliki sistem kamera belakang 12MP + 5MP. Ada juga teknologi EIS (Electronic Image Stabilization) yang berguna untuk membuat video berkualitas.

Hasilnya sejalan dengan yang telah kita lihat pada Redmi Y2. Dengan demikian, Redmi 6 Pro juga merupakan ponsel kamera yang bisa diandalkan dalam kondisi ideal tetapi belum bisa maksimal jika digunakan dalam kondisi minim cahaya (harus menggunakan mode HHT).

Urusan foto bokeh, ponsel yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan ini sudah bisa diandalkan. Kami tak yakin ada ponsel di segmen harga ini yang menyajikan kualitas foto bokeh sama bagusnya. Sebab, bokeh lazimnya adalah fitur ponsel Rp3 jutaan.

 

Haruskah Saya Membelinya?

Bisa dibilang, Xiaomi Redmi 6 Pro adalah ponsel yang sangat biasa. Desainnya sebagaimana desain Xiaomi yang biasanya. Fiturnya juga tergolong biasa karena sudah ada di ponsel-ponsel Xiaomi sebelumnya.

Meskipun “B aja”, bukan berarti Redmi 6 Pro adalah ponsel yang buruk. Bagaimanapun, B adalah B; bukan C apalagi D. Kualitas yang ditawarkannya tetap baik. Harganya pun masih terjangkau, khas Xiaomi dalam memasarkan Redmi.

Satu-satunya hal yang membedakan Redmi 6 Pro dengan ponsel-ponsel Xiaomi (terutama Redmi) lainnya adalah takik. Notch. Cuma itu.

Jadi, kalau yang Anda cari adalah ponsel bertakik dan berbaterai jumbo dengan harga Rp2 jutaan, apalagi bukan tipikal gamer kelas berat, Redmi 6 Pro jelas adalah pilihannya. Selebihnya, B aja.

 

Sumber: https://review.bukalapak.com/gadget/ini-spesifikasi-lengkap-dan-harga-xiaomi-redmi-6-pro-36049

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Navigation