Simak 4 Tips Ini Supaya Sim Card yang Dimiliki Selalu Awet

Kalau Anda tipe orang yang setia menggunakan satu nomor atau satu sim card maka ada baiknya paham bagaimana merawatnya. Kartu provider atau kartu seluler ini memang menjadi modal supaya handphone jenis apapun yang dimiliki bisa difungsikan dengan baik. Kartu seluler ini akan memiliki beberapa bagian dan bagian chip (yakni bagian kekuningan di bawah) memerlukan perhatian khusus. Perawatannya bisa membuat satu kartu seluler lebih awet dan mudah dibaca meski dipindahkan ke handphone lain

Tips Menjadikan Kartu Seluler Lebih Awet

Memiliki satu nomor membantu siapa saja bisa menghubungi Anda dengan mudah tanpa perlu menyimpan beberapa nomor sekaligus atas nama Anda sendiri. Membingungkan tentunya terlebih jika ada hal mendesak yang perlu dibicarakan maka penting untuk menyediakan satu nomor khusus yang akan dipakai selamanya. Berhubung saat ini handphone Android memerlukan kuota internet dana lebih hemat membeli perdana baru, maka kartu seluler lawas baiknya tetap diaktifkan di slot kedua. Sehingga nyaman berinternet ria sekaligus mempermudah siapa saja menghubungi Anda.

Untuk menjadikan sim card tersebut lebih awet rupanya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah:

  • Rutin membersihkan kartu seluler,

Kartu seluler ini ternyata perlu rutin dibersihkan, yakni cukup melepaskannya dari handphone kemudian lap dengan cotton bud. Tidak perlu terlalu sering membersihkannya, cukup dilakukan sebulan atau dua bulan sekali. Sebab kalau terlalu sering nantinya malah merusak bagian chip kartu seluler tersebut dan membuatnya sulit dibaca oleh handphone kesayangan. Pembersihan terlalu sering juga bisa membuat kartu dibongkar pasang terlalu sering dan efeknya pun tidak bagus.

Baca Juga:Registrasikan Sim Card Anda Agar Tetap Bisa untuk Digunakan

  • Hindari terlalu sering keluar masuk handphone,

Salah satu upaya untuk membuat kartu seluler yang digunakan tetap awet adalah membiarkannya tetap berada di satu handphone. Seringnya orang punya banyak handphone namun tidak memiliki cukup dana untuk membuat kartu seluler di dalamnya memiliki saldo pulsa. Akibatnya banyak dibongkar pasang dan salah-salah malah chip kartu seluler tergores yang perlahan membuatnya tidak bisa terbaca oleh handphone. Ganti nomor baru tentu menyulitkan siapa saja untuk menghubungi Anda dan bisa jadi kehilangan komunikasi dengan sahabat maupun keluarga yang berjauhan.

  • Teliti pada saat memotong kartu seluler,

Semakin kesini handphone keluaran terbaru menyediakan slot kartu seluler berukuran kecil, awalnya mikro kemudian beralih ke nano. Sehingga beberapa kartu seluler baru dari pihak providernya sudah dipotong ke dalam beberapa ukuran untuk mencegah kesalahan pada saat memperkecil ukurannya. Namun, bagi Anda yang setia dengan nomor lama dan beralih ke handphone baru biasanya perlu memotong kartu tersebut. Usahakan hati-hati, dan akan lebih baik jika meminta jasa konter terdekat supaya sim card terpotong dengan benar dan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Navigation