Home Tips dan Trik Tips Membeli Android Smartphone Bekas

Tips Membeli Android Smartphone Bekas

by Ana Austin

Jika kondisi dompet tidak memungkinkan untuk membeli smartphone Android baru, membeli bekas atau second pun tak masalah selama ada tips membeli Android berikut ini:

  • Cek body hp Android.

Smartphone yang pertama sama saja dengan cara membeli hp lainnya yaitu dengan mengecek kondisi body luar dari hp tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa hp tidak memiliki retak atau cacat yang mengindikasikan bahwa hp tersebut pernah mengalami jatuh atau terbentur benda keras. Berkurangnya ‘kemulusan’ body hp bisa mengurangi harga jual hp.

  • Cek segel.

Tips yang kedua tentu saja adalah dengan memastikan bahwa segel hp android belum terbuka yang berarti bahwa hp tersebut belum pernah di servis, alias belum pernah mengalami kerusakan yang berarti. Caranya adalah dengan membuka casing dan komponen baterai lalu melihat apakah sudah ada segel pada baut yang rusak/robek atau cium bagian belakang hp apakah ada bau-bauan seperti solder atau tidak. Jika ada, maka kemungkinan besar, hp tersebut sudah masuk reparasi, hal ini juga untuk menghindari pembelian hp Android rekondisi yang memang nampak seperti benar-benar baru.

  • Cek kelengkapan.

Meski sebenarnya tidak begitu penting, namun tips membeli Android bekas satu ini terbukti cukup dapat dijadikan alasan untuk mengurangi harga jual hp. Tetap tanyakan apa saja kelengkapan dari hp tersebut, apabila kelengkapan hp tidak sempurna, seperti charger atau headset yang tidak orisinil, tidak ada dusbook, tidak ada kabel data dan lain-lain. Apabila kurang salah satu di antaranya, maka harganya bisa ditawar lebih rendah daripada harga pasarannya.

  • Periksa terlebih dahulu harga pasarannya.

Untuk menghindari membayar lebih mahal daripada harga pasarannya, yang perlu Anda lakukan tentu saja adalah dengan melihat harga pasaran dari hp tersebut. Browsing-lah terlebih dahulu tipe hp Android yang dijual dan sesuaikan dengan spesifikasi serta harga pasaran dari hp tersebut. Biasanya untuk hp second, harganya berkurang 15-45% dari harga pasaran yang normal, tergantung usia dan kondisi hp tersebut. Misalkan ada smartphone X harga baru 2 juta rupiah dan baru dipakai 2-3 bulanan, maka harganya sekitar 1,7 -1,8 juta rupiah.

  • Coba operasikan hp.

Ada banyak orang yang masih sering melewatkan tips membeli Android smartphone satu ini, padahal sangat mudah dan bisa menjadi penentu apakah hp tersebut benar-benar masih bisa berfungsi normal atau tidak. Cobalah terlebih dahulu selama beberapa menit hp tersebut, mulai dari memasang kartu yang masih aktif, mengetes kondisi sinyal, koneksi internet dan Wi-Fi, mengecek speaker dan mic, dan sebagainya. Pastikan juga bahwa imei hp yang tertera pada layar pengecekan sesuai dengan dusbook.

 

Baca Juga:   Tips Merawat Handphone Layar Sentuh Yang Mudah

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More